mengganti dan merubah template

Mengganti Dan Merubah Template Blog Dengan Aman

Mengganti atau merubah template blog  berarti juga menganti atau merubah kode - kode Css dan Html dari template blog itu sendiri. Dalam mengganti Css dan Html template haruslah berhati - hati. Sebab dengan kesalahan sedikit saja bisa membuat tampilan blog jadi rusak atau berantakan.

Lantas bagaimana cara yang tidak hanya sekedar mudah tapi juga harus aman dalam mengganti dan merubah template blog ?

Langkah 1:
Dalam browsing dan posting blog saya selalu menggunakan browser Chrome. Tapi dalam urusan mengganti atau merubah template wajib hukumnya bagi saya untuk menggunakan mozilla firefox. Sebab tampilan blog bisa berbeda di chrome dan di firefox, dan saya pernah mengalaminya. Hal tersebut dikarenakan Mozilla Firefox terlalu peka terhadap tanda (.) (') (spasi). Sedangkan browsing chrome lebih familiar dalam menerjemahkan tanda - tanda itu.

Langkah 2:
Buatlah cadangan atau backup template aslinya dengan menggunakan fasilitas dari blogger cadangkan / pulihkan. Berilah nama file cadangan tersebut dengan nama yang mudah diingat dan simpanlah pada folder khusus di komputer. Misalnya dengan nama: 1-template-asli.xml.

Langkah 3:
Dalam merubah kode Css sebaiknya semua diletakkan diatas kode ]]></b:skin> dan berilah keterangan agar mudah dalam merubahnya bila nanti dibutuhkan. Kode Css biasanya di awali dengan tanda dot (.) atau string (#).  Misalnya merubah warna background header:

/*merubah header start*/
.header-outer {background: #a8a8a8;}
/*merubah header finish*/
]]></b:skin> 

Langkah 4:
Berilah keterangan bila merubah atau menambah kode Html. Kode Html biasanya diawali dengan tanda tag <. Contoh menambah kode untuk membuat search engine:

<!--menambah search engine start-->
<div id='searchengine'><div style='float:right;margin-right:2px;margin-top:1px;'>bla... bla.... bla... </div>
<!--menambah search engine finish-->

langkah 5:
Simpanlah setiap artikel untuk posting dan widget / gadget kedalam file tersendiri di komputer dengan menggunakan notepad.

Langkah 6:
Cadangkan / backup template setiap selesai melakukan perubahan pada bagian blog. Misalnya setelah merubah bagian header cadangkan template dengan memberi nama file: 
template: 2-template-sd header.xml

Enam langkah itulah yang telah saya tempuh dalam mengganti atau merubah template blog. Tidak hanya sekedar mudah tapi juga aman dan saya sudah membuktikannya. Salam sukses.

Related Posts :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar